Sabtu, 26 Mei 2018

IKATAN GURU INDONESIA



Sejarah[sunting | sunting sumber]
Pada tanggal 30-31 Januari 2016, Ikatan Guru Indonesia melaksanakan Kongres II di Makassar. Pada Kongres ini, Muhammad Ramli Rahimdari Sulawesi Selatan dan Mampuono dari Jawa Tengah terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal IGI periode 2016-2021. Di bawah kepemimpinan Muhammad Ramli Rahim dan Mampuono ini, IGI mengalami perkembangan cukup pesat dan berhasil mendirikan IGI wilayah di 34 provinsi, 1 wilayah luar negeri, dan IGI daerah di 400 kota dan kabupaten di Indonesia.[3][4][5][6]Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi guru yang diinisiasi tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali. Klub Guru Indonesia secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009. Pada Surat Keputusan tersebut, Klub Guru Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan dipimpin oleh Ketua Umum Satria Dharma dan Sekretaris Jenderal Muhammad Ihsan dari IGI Wilayah Jawa Timur serta Ketua Dewan Pembina Indra Djati Sidi dari Wilayah Jawa Barat.[1][2]

Selain mengembangkan IGI wilayah dan daerah, duet Muhammad Ramli Rahim dan Mampuono tetap fokus pada peningkatan kompetensi guru. Terkait peningkatan kompetensi guru ini, IGI menyelenggarakan kegiatan workshop, diklat, seminar, hingga simposium. Pada 2016 silam, IGI pun mengembangkan seratus organisasi guru mata pelajaran tingkat nasional yang disebut IGMP atau Ikatan Guru Mata Pelajaran.[2]

Kegiatan Workshop Online SAGUSABLOG ( Satu Guru Satu Blog) Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang dilaksanakan melalui media online penuh, menggunakan aplikasi telegram dalam komunikasi dan diskusi online.
Kegiatan ini cukup menarik perhatian para Guru Indonesia, terbukti kegiatan perdana yang dimulai bulan Oktober 2016 diikuti 200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebagai wujud penghargaan terhadap peserta workshop online SAGUSABLOG maka pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia(IGI) mengeluarkan sertifikat resmi (dalam format PDF) yang akan didapatkan peserta workshop online SAGUSABLOG, Kunjungi juga www.madarami.com.
syarat mendapatkan sertifikat adalah sebagai berikut :

1.Memiliki No KTA IGI Terbaru(Terdaftar resmi di SISFO IGI :
2.Menyelesaikan semua materi di kelas online SAGUSABLOG.
MATERI SAGUSABLOG KELAS PEMULA(DASAR) :
Membuat blog dengan blogger
Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
Mendesain Header blog
Mengelola dan Menghias Blog:

– Posting artikel, gambar, teks, video
– Posting Laman
– Posting artikel dengan pemenggalan paragraf
– Membuat label/ kategori postingan
– Menambahkan widget-widget penting seperti:
popular post, recent post, recent comment, Daftar link, Statistik Blog
– Membuat link dalam tulisan
Membuat dan Mengelola Menu Blog
Membuat dan mengelola soal online di google drive

2 komentar:

  1. Selamat menjadi Guru Blogger...

    Salam SAGUSABLOG dari MEDAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas dukungannya....

      Hapus